Jumat, 22 Maret 2013

Apa itu Flag football?


Flag football adalah permainan yang sejenis dengan American football tapi tanpa menggunakan Tackle.Seperti Futsal nya Sepak Bola.Nah apakah Flag football itu?Mari kita lihat selengkap nya


Peralatan
 Peralatan di Flag football sangat berbeda dengan american football.Yang harus di gunakan hanya baju kaos/olahraga dan bendera yang di ikatkan di pinggang.Tidak perlu helm dan Protective Gears karena tanpa Tackle.

Peraturan
 Peraturan Flag football di indonesia di keluarkan oleh IFFA.Yang mau melihat peraturan nya bisa di buka DI SINI .Di Indonesia sendiri Flag football baru di kenal di daerah Jawa!dan sekarang ada organisasi nya yang bernama Indonesian Flag Football Association(IFFA).

Jumlah pemain
 Jumlah pemain di american football berjumlah 11 orang.Sedangkan Flag football berjumlah minimal 6 orang dan maksimal nya 8 orang.Dengan minimal 3 offensive line(OL).

Waktu pertandingan
 Waktu pertandingan nya 2 x 25 menit atau 2 x 20 menit.Tidak seperti American Football yang berjumlah 4 Quarter.Time out dalam 1 half juga cuma 2 kali.

Sistem Skor
 Sistem skor pada Flag football sangat berbeda dengan American football.Di Flag football tidak ada field goal dan bonus kick.Jadi bonus nya di lakukan dengan touchdown pada jarak 5 yard untuk mendapatkan 1 poin atau touch down dengan jarak 10 yard untuk mendapatkan 2 poin .

Fumble
 Pada saat terjadi Fumble,tim hanya dapat memperebutkan nya pada saat di udara.Pada saat bola sudah tersentuh tanah maka bola di nyatakan dead ball.

Tanpa Tackle
 Ini adalah perbedaan yang paling mendasar karena di Falg football tidak ada Tackle.Untuk menghentikan lawan cukup melakukan deflagging(mencabut bendera).

 Lapangan
 Lapangan berukuran 80 x 40 yards. Lapangan dibagi menjadi 2 endzone di masing-masing ujung lapangan (@10 yards) dan 4 zones (@15 yards).

Tanpa Onside Kick
 Onside kick adalah teknik Kick off yang di gunakan untuk merebut bola kembali.Memang Onside kick membuat semua tim merebut bola dengan sangat kasar.Karena itu Onside kick tidak boleh di lakukan        
  


Itulah Flag football.Di indonesia ada Organisasi nya yaitu IFFA
 

0 komentar:

Posting Komentar

Ber-komentar lah dengan baik.Saya akan menjawab pertanyaan anda